top of page
Search
  • Writer's pictureMyne Jasmine

Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bisa Diawali Oleh Diri Sendiri dengan Cara

Penyalahgunaan narkoba pengertiannya yaitu penggunaan narkoba yang bukan untuk pengobatan dan dilakukan secara rutin setidaknya dalam 1 bulan. Penggunaan narkoba secara rutin itu bisa mengakibatkan dampak negatif pada fisik dan psikologis. Pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa diawali oleh diri sendiri dengan cara mengetahui dengan benar bahaya narkoba.




Mencegah dari Diri Sendiri


Banyak penelitian membuktikan apabila narkoba berdampak ke otak. Sesudah memakai narkoba maka akan muncul perasaan nikmat misalnya rasa santai, rasa bahagia, tenang, serta perasaan “high”. Sensasi tersebut yang ingin dirasakan pengguna narkoba sehingga sampai kecanduan.


Setelah merasakan sensasi “high”, lalu akan terjadi perasaan “down”. Perasaan yang dialami mulai dari gelisah, cemas, sakit pada otot dan gangguan tidur. Guna mengatasi perasaan negatif tersebut, orang pun mengkonsumsi narkoba kembali. Apabila dikonsumsi berulang-ulang maka kecanduan akan terjadi.


Beragam cara pencegahan narkoba sudah dilakukan pemerintah dan juga masyarakat. Tujuannya yaitu memperkuat pemahaman masyarakat mengenai bahaya narkoba dan supaya mereka tak terjerat. Seperti telah disebutkan, pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa diawali oleh diri sendiri dengan cara memahami bahayanya. Dan kebanyakan orang yang terjerumus narkoba adalah ketika ia sedang stres dan butuh obat untuk itu.


Cara pencegahan narkoba yang utama karena itu adalah memilih cara sehat dalam menanggulangi stres yang diderita. Faktanya, narkoba itu cuma obat atau jalan keluar sementara. Setelah mereka tak lagi mengkonsumsi narkoba, maka biasanya akan menderita efek samping fisik dan mental yang akan memperburuk perasaan gelisah sekaligus meningkatkan perasaan stres atau tertekan. Memilih cara menangani stres yang lain misalnya olahraga atau yoga pun bisa meredakan hasrat untuk mencoba mengkonsumsi narkoba.


Pencegahan penyalahgunaan narkoba selanjutnya yaitu menempuh kebiasaan yang bisa membuat bahagia. Harga diri rendah ditambah dengan depresi merupakan pendorong kuat penyalahgunaan narkoba. Pekerjaan yang menumpuk dapat membentuk tekanan bagi mental dan fisik. Akibatnya seseorang pun tak lagi dapat menikmati bagian penting lainnya dari kehidupan. Mempertahankan hubungan dan keseimbangan dari kerja fisik dan mental akan banyak membantu memelihara stabilitas yang dibutuhkan supaya bisa terjauhkan dari penyalahgunaan narkoba.

Cara mencegah narkoba dari diri sendiri yaitu memilih hobi atau kegiatan terkait dengan apa-apa yang disenangi. Itu bisa berupa olahraga, kegiatan seni, maupun hubungan pribadi. Seseorang perlu mempunyai hal yang dapat memberikan motivasi dan semangat hidup sehat baik fisik maupun mental. Apabila seseorang memang dapat berfokus dan peduli terhadap orang-orang terdekat dan kegiatan hidup maka akan tertutup peluang membahayakan diri dengan menyalahgunakan narkoba.


Tanda-Tanda Umum Pengguna Narkoba


Saat menggunakan narkoba, ada tanda-tanda yang dapat diperhatikan oleh masyarakat. Jika ada anggota keluarga atau teman yang dicurigai menggunakan narkoba, maka mereka harus diawasi dengan ketat. Penting untuk disadari bahwa hanya pecandu itu sendiri yang dapat berhenti menggunakan narkoba. Ada beberapa tanda umum bahwa seseorang adalah pengguna narkoba yaitu :


· Perubahan kepribadian

· Mudah marah, agresif, menyendiri, gelisah, depresi

· perubahan perilaku

· Menjadi ceroboh

· Perubahan penampilan misalnya perubahan gaya pakaian, mengabaikan perawatan diri dan gigi, kehilangan nafsu makan

· Kesulitan berkonsentrasi

· Perubahan gaya hidup

· Kejahatan

· Kebutuhan uang yang besar


Kecanduan narkoba yang dialami seseorang seringkali juga mempengaruhi kehidupan dan tindakan orang-orang terdekatnya. Yang paling sering adalah orang-orang di sekitarnya itu selalu menyalahkan pecandu alih-alih memberikan pertolongan. Biasanya orang-orang di dekatnya itu tidak menyadari "bantuan yang tidak membantu" tersebut. Hal tersebut malah akan meningkatkan risiko kecanduan menjadi berkepanjangan.


Sumber


9 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page